Hari Raya Pondok Daun: Tuaian yang Melimpah

oleh Mike Bennett

http://lifehopeandtruth.com/life/plan-of-salvation/feast-of-tabernacles/

Selama masa penuaian di musim gugur, Hari Raya Pondok Daun menggambarkan 1,000 tahun dalam Kerajaan Allah di bumi ini. Ini akan merupakan suatu masa penuaian rohani yang melimpah.

Dengan disingkirkannya Setan (yang digambarkan oleh hari raya Pendamaian) dan Yesus Kristus yang memerintah sebagai Raja segala Raja (yang digambarkan oleh hari raya Sangkakala), pengetahuan tentang Allah akan tersebar ke seluruh dunia. Mereka yang setia kepada Allah akan melayani Dia bersama Yesus Kristus dalam mengajar dan menyelenggarakan jalan hidupNya bagi semua orang selama 1,000 tahun (Wahyu 20:4).

Perhatikanlah beberapa nubuat tentang masa damai dan sejahtera yang akan terjadi sebagai hasil dari mengikuti jalan hidup Allah.

“Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata, ‘Mari kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub; supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalanNya, dan supaya kita berjalan menempuhnya.’

“Sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan Firman TUHAN dari Yerusalem. Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang” (Yesaya 2:2-4)

“Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunungKu yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengetahuan akan TUHAN seperti air laut yang menutupi dasarnya” (Yesaya 11:9).

Ayat-ayat bacaan ini dan masih banyak bacaan Alkitab lain menghiasi indahnya kabar baik tentang pemerintahan masa seribu tahun di mana Yesus Kristus menjadi rajanya yang akan meresmikan Kerajaan Allah yang kekal.

Perayaan Hari Raya Pondok Daun di masa lampau dan di masa mendatang

Hari Raya Pondok Daun itu begitu penting bagi Yesus Kristus sehingga Dia berangkat juga ke Yerusalem untuk merayakannya meskipun Dia tahu bahwa hidupNya dalam bahaya (Yohanes 7:1-26).

Dan Hari Raya Pondok Daun ini ditetapkan sebagai perayaan akbar internasional dari Kerajaan Allah, yang bahkan dirayakan oleh bangsa-bangsa yang dulu pernah menolak perayaan ini (Zakharia 14:16-19).

Karena Yesus Kristus merayakan Hari Raya Pondok Daun ini, dan karena Dia akan memaksa semua orang untuk menghormatinya nanti di masa mendatang, maka jelas masuk akal bagi kita untuk merayakan hari raya ini pada zaman ini.  

Arti Hari Raya Pondok Daun

Nama “Hari Raya Pondok Daun” berasal dari istilah pondok-pondok atau tempat tinggal sementara yang Allah perintahkan kepada jemaatNya untuk tinggal di sana selama tujuh hari. Tempat tinggal sementara ini menggambarkan masa di saat keluar dari Mesir, tetapi hal ini juga mempunyai arti sebagai kenangan untuk mengingatkan kita bahwa hidup lahiriah kita ini sifatnya sementara (Imamat 23:43; 2 Petrus 1:13-15). Hal ini menolong kita untuk menyadari bahwa hidup kita sekarang tidak berakhir di sini saja, dan menolong kita untuk memfokuskan diri terhadap hal-hal yang sifatnya kekal (2 Petrus 3:10-13).

Karena setiap orang akan menikmati masa damai dan sejahtera ini, kesempurnaan masa 1,000 tahun ini akan dirasakan semua orang yang sepenuhnya tunduk kepada Allah, yakni mereka yang bertobat dan yang terlebih dahulu mencari kerajaanNya dan kebenaranNya. Nampaknya suatu tuaian besar, yakni orang-orang yang akan menjadi anak-anak Allah, akan berasal dari masa kerajaan 1,000 tahun ini. 

Sebesar apapun tuaian ini, nampaknya tuaian pada tahap ke-7 dari rencana penyelamatan Allah tidak akan sebesar itu, dan hal ini digambarkan oleh Hari ke-Delapan atau Hari Raya Penghakiman Takhta Putih.

Rencana penyelamatan Allah tahap akhir digambarkan oleh Hari ke-Delapan atau hari raya Penghakiman Takhta Putih di mana tuaian rohaninya tidak akan sebesar tuaian yang terjadi pada hari raya ke-7 di atas.

Anda punya pertanyaan?
Ajukanlah kepada kami.

 

This article was translated from http://lifehopeandtruth.com

Tracker Pixel for Entry