Kemana Sebaiknya Orang Kristen Memusatkan Pikiran Pada Masa-masa Susah dan Membingungkan?

oleh Sergio Carvajal

Ayat-ayat kutipan artikel ini umumnya diambil dari Alkitab versi: Indonesian Modern Bible, tetapi juga dari Indonesian Terjemahan Baru.

https://lifehopeandtruth.com/prophecy/blog/where-should-a-christian-focus-during-confusing-times/

Kita hidup pada masa-masa yang rumit yang bisa menyebabkan kita khawatir akan banyak hal. Apakah anda khawatir akan pemilihan-pemilihan dalam pemerintahan tahun ini? Kemana sebaiknya fokus pikiran orang Kristen?

 

 

 

 

 

 

 

 

Kita hidup pada masa-masa ketidakpastian, kekacauan yang mendalam dan saat-saat korupsi yang semakin memburuk.

Kita melihat ekstrim di seluruh aspek kehidupan — politik, kejahatan, kekerasan, huru-hara dsb. Nampaknya bahwa segala sesuatu berputar ke arah ekstrim.

Tetapi pernahkah anda berpikir tentang mengapa dunia ini menjadi semakin ekstrim?

Pada tahun-tahun yang akan datang, banyak negara akan mengadakan pemilihan untuk presiden, senator,  wakil rakyat yang baru dan pemimpin politik lainnya. Apakah orang Kristen perlu khawatir dan risau akan siapa presiden berikutnya?

Apakah Alkitab berkata bahwa Elohim pada akhirnya akan memegang kendali atas segala sesuatu?

Apa yang dikatakan Elohim tentang pemimpin-pemimpin nasional?

Daniel 2:20-22 memberi kita wawasan dan pemahaman tentang peran Elohim di dalam politik dunia ini: Daniel menjawab dan berkata, "Terpujilah Nama Elohim selama-lamanya, karena hikmat dan kuasa adalah milikNya. Dia yang mengubah waktu dan musim. Dia yang memberhentikan dan mengangkat para raja. Dia yang mengaruniakan hikmat kepada orang bijak dan pengetahuan kepada orang yang memiliki pengertian. Dia mengungkapkan hal yang mendalam dan rahasia. Dia mengetahui apa yang ada di dalam kegelapan, dan terang ada padaNya.”

Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa Elohim adalah Penguasa. Menurut rancangan dan maksud dan tujuanNya, Dia melaksanakan hak dan kehendakNya untuk menetapkan siapa yang memerintah bangsa itu. Jadi, apakah orang Kristen semestinya risau akan siapa presiden berikutnya?

Mari kita lihat ini dari perspektif rohani secara mendalam. Apakah anda khawatir bahwa seorang tertentu — laki-laki atau perempuan — akan menjadi presiden berikutnya di negara anda? Atau, sebaliknya, apakah anda khawatir dan risau bahwa seorang calon tertentu akan tidak terpilih pada pemeilihan berikutnya? 

Jika demikian, coba pertimbangkan ini: Apakah anda tahu kehendak Elohim pada pemilihan berikutnya? Apakah anda sungguh percaya bahwa Elohim merupakan Penguasa yang berkuasa mengangkat dan menggulingkan pemimpin-pemimpin negara sesuai dengan nubuat, rencana dan maksud tujuanNya?

Tidak menjadi masalah siapa yang terpilih (atau yang tak terpilih), kita harus secara penuh mempercayai kesaksian kitab Suci bahwa semua hasil pemilihan terjadi atas izin Elohim. Sebagaimana firmanNya berkata, Dia memecat raja dan mengangkat raja.

Kewajiban utama orang Kristen ketika bicara tentang pemimpin nasional adalah berdoa bagi mereka — terutama dalam hal mereka membuat Keputusan yang mengizinkan pekerjaan Elohim dapat berlangsung dan memberikan izin bagi umatNya untuk melakukan kewajiban iman dengan bebas.

Masa kesusahan akan datang

Tanda-tanda yang mengumumkan kedatangan Kristus dengan segera ke bumi ini kompleks, serius dan menakutkan. Tetapi apakah kita seharusnya khawatir untuk masa depan?

Ketika kita membaca kitab Wahyu, kita menemukan tujuh meterai yang menyingkapkan pola kejadian yang akan memukul seluruh dunia ini. Meterai keempat pertama menyatakan penyesatan dalam agama, perang, kelaparan dan kematian (Wahyu 6:1-8).

Meterai keempat pertama ini menyebabkan kematian seperempat penduduk bumi ini (ayat 8). Berdasarkan jumlah penduduk sekarang, maka ada sekitar 2 miliar yang akan mati.

Di tengah kejadian yang mengerikan ini, Jemaat Elohim akan memberitakan injil Kerajaan Sorga sebagai kesaksian (Matius 24:14). Tetapi kejadian yang lebih buruk akan datang.

Setelah itu, mulai dari meterai kelima, Elohim akan mengintervensi untuk melindungi, dan menyelamatkan JemaatNya yang setia. Elohim akan menjaga dan menyelamatkan umat pilihanNya selama 3½ tahun di satu tempat yang aman (Wahyu 12:14).

Setelah tanda-tanda di langit yang dinyatakan meterai keenam, maka murka Elohim — malapetaka dari tujuh sangkakala dan malapetaka terakhir dari tujuh meterai — akan menimpa mereka yang menolak untuk bertobat dari pembangkangan mereka terhadap Elohim. Ini akan merupakan masa penderitaan, ketakutan dan masa yang mengguncang yang tidak pernah terjadi dan tidak akan terjadi lagi.

Meskipun beberapa di antaranya menjadi martir, Elohim akan memberikan perlindungan bagi banyak orang dari orang-orang kudusNya dan tidak akan membiarkan celaka meterai kelima, keenam dan ketujuh itu membahyakan mereka. Betapa itu suatu kabar yang menenangkan hati!

Jika Elohim bisa melindungi dan menopang umatNya  di saat malapetaka global yang akan datang, Dia tentu bisa melindungi umatNya dari rezim pemimpin terpilih di dunia ini. 

Inilah sebabnya mengapa orang Kristen selalu berdoa untuk perlindungan Elohim.

Terlalu banyak kekhawatiran

Hidup di dunia ini dapat melelahkan dan melemahkan semangat kita. Ketidakpastian dan ancaman dari berbagai jenis dapat merebut ketenangan pikiran kita dan membuat kita hidup dalam kekhawatiran, bahkan tentang hal-hal yang belum tentu terjadi. Kita tidak bisa sungguh-sungguh tenang hidup di dalam dunia yang tidak menentu ini.

Apa pun yang menjadi keprihatinan kita, kita harus melihat secara rohani dan memahami bahwa zaman ini adalah sementara dan akan berakhir ketika Yesus kembali.

Jadi, apa yang sesungguhnya yang kita khawatirkan? Apakah kita secara berlebihan berfokus pada situasi bagaimana kita akan hidup hari demi hari di atas bumi yang semakin merosot ini? Atau apakah kita sungguh-sungguh mencari Kerajaan Elohim  dan kebenaranNya (Matius 6:33)?

Apakah kita khawatir tentang pemilihan presiden berikutnya atau apakah kita sedang mempersiapkan diri untuk menjadi raja dan imam di bawah Yesus Kristus untuk memimpin (Wahyu 5:10).

Fokuskan pada sebuah visi masa depan

Elohim sedang mempersiapkan pemimpin-pemimpin di pemerintahanNya di masa depan.

Hari ini, banyak orang menginginkan kekuasaan, kebesaran, kekayaan, ketenaran, otoritas dan pengaruh.

Tetapi Elohim sedang mempersiapkan suatu umat yang difokuskan untuk menjadi pelayan bagi orang lain. Mereka ini sedang mempersiapkan diri untuk menolong orang lain, mengajar orang lain serta menghibur mereka dan ini merupakan training untuk masa setelah Kristus kembali. Mereka ini sedang belajar bagaimana mengajar jalan hidup Elohim, yang akan mendatangkan berkat, damai, keamanan dan kesejahteraan bagi semua orang setelah kedatangan Kristus. Mereka  ini dilatih untuk mengajar, menghibur dan memimpin orang di dunia yang datang.

Tidak seorang pun dari calon presiden yang sedang bertarung dalam pemilihan itu akan mampu untuk mencapai pemerintahan yang benar dan sempurna. Meskipun dalam gagasan dan janji-janji besar mereka itu, mereka akan akhirnya gagal. Daripada menaruh energi kita dan kekhawatiran kita pada pemimpin manusia, kita sebaiknya menaruh iman kita pada pemerintahan sempurna Yesus Kristus yang akan datang. PemerintahanNya itu tidak akan gagal.

Pemerintahan Yesus Kristus akan datang segera. Kita sebaiknya berdoa untuk itu setiap hari.

Mari kita konsentrasikan pada Kerajaan Elohim dan kebenaranNya. Segala sesuatu yang material hanyalah sementara dan akan segera berakhir.

This article was translated from http://lifehopeandtruth.com

Tracker Pixel for Entry