Nubuat Akhir Zaman

oleh Mike Bennett

https://lifehopeandtruth.com/prophecy/end-times/end-times-prophecy/

Allah adalah satu-satunya yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan – dan membuat prediksiNya itu terjadi secara akurat. Apa yang Dia inginkan anda tahu tentang nubuat-nubuat akhir Alkitab?

 

 

 

 

 

 

Apa yang Allah inginkan anda pahami tentang apa yang akan terjadi di masa depan – bagi anda? Apa yang telah Dia singkapkan melalui nubuat akhir zaman Alkitab yang perlu anda  ketahui? Mari kita periksa hal ini dengan menggunakan pertanyaan standar jurnalistik, 5 pertanyaan: apa, siapa, di mana, kapan dan terutama kenapa.

Apa yang akan terjadi pada akhir zaman?

Dunia ini akan tiba di ambang kehancuran umat manusia sebelum Yesus Kristus kembali untuk menyelamatkan kita dari diri kita sendiri.

Ketika murid-murid Yesus bertanya apa yang akan terjadi pada akhir zaman pemerintahan manusia, maka bagian terpenting dari jawabanNya ialah: “Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat” (Matius 24:21-22).

Siapa dan di mana?

Peristiwa yang mengerikan yang terjadi di zaman akhir ini akan sangat dahsyat dan menggemparkan setiap orang di setiap tempat di bumi ini. Syukurlah, di saat Yesus kembali untuk menghentikan pemerintahan buruk manusia, Dia akan mendirikan Kerajaan Allah. Pemerintahan sempurna Yesus Kristus akan tersebar di seluruh bumi ini untuk mendatangkan utopia yang sesungguhnya bagi setiap orang.

Kapan?

Kita tentu ingin tahu! Sejak Yesus meninggalkan bumi ini, murid-muridNya ingin mengetahui kapan persisnya Dia akan kembali. Sebagian dari keinginan itu ialah karena kita merasa urgen dan begitu bergairah akan datangnya KerajaanNya dan mengakhiri sakit dan penderitaan sekarang ini. Itulah sebabnya orang Kristen tekun berdoa, “Datanglah KerajaanMu!”

Akan tetapi barangkali sebagian dari hasrat kita itu juga dikaitkan dengan rasa penasaran kita. Kita juga ingin membuat keputusan yang bijak di dalam hidup kita, tanpa mengetahui saat atau batas waktu kapan kita masih bisa merasa lengah dan tidak begitu siap akan kedatanganNya. 

Dan kita harus mempertimbangkan satu lagi alasan yang mendasar mengapa banyak orang ingin mengetahuinya: Kita ingin mengetahui seberapa urgen sebaiknya kita berhasrat untuk itu. Jika kedatangan Kristus terjadi dalam waktu dekat ini, kita akan melipatgandakan usaha kesiapan kita, tetapi jika kedatanganNya masih jauh, maka kecenderungan alam pikiran kita sebagai manusia adalah mengundur-undur dan lengah.

Itulah sebabnya Yesus berkata, “Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu” (Matius 24:36). Kita harus berjuang untuk selalu berjaga-jaga dan siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” (Matius 24:44).  Ketekunan dan semangat rohani kita harus selalu kuat dan teguh.

Mengapa?

Barangkali pertanyaan yang paling terabaikan ialah, mengapa kejadian-kejadian hebat yang diprediksi pada akhir zaman ini terjadi? Jawabannya ialah karena dosa. Dosa terjadi karena melanggar hukum Allah yang sempurna. Dengan kata lain, dosa mengerjakan hal yang bertolak belakang dengan jalan hidup Allah yang penuh kasih. Jalan dosa itu adalah jalan yang mementingkan diri sendiri [get way] bukan jalan yang mengasihi [give way]

Dosa adalah penyebab penderitaan dan kematian dan kehancuran, dan budaya perilaku dan perbuatan dosa di dunia ini makin lama makin buruk. Bacalah uraian Paulus di 2 Timotius 3:1-5 tentang sikap-sikap tercela, dan anda akan melihat fakta sebagai refleksi dari masyarakat sekarang ini.

Dulu, kebejatan perlakuan umat manusia secara keseluruhan hampir sama dengan yang kita sedang hadapi sekarang ini, dan dalam kasihNya Sang Pencipta kita melenyapkan mereka melalui Air Bah. Kali ini, gelimang kematian karena dosa umat manusia akan dihentikan dengan kedatangan Kristus. 

Bahkan sebelum Air Bah itu terjadi, hamba Allah Henokh sudah bisa melihat kehancuran yang diakibatkan dosa dan oleh karena itu perlunya kedatangan Kristus: “Juga tentang mereka Henokh telah bernubuat, …. katanya: ‘Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudusNya, hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan’” (Yudas 14-15)

Nubuat akhir zaman menunjukkan bahwa umat manusia akan berada di ambang pemusnahan diri sendiri karena dosa. Tetapi mengapa Allah memberi kita nubuat? Karena Dia ingin agar kita bertobat – berubah! Mengapa? Karena Dia mengasihi kita dan Dia ingin kita menikmati berkatNya pada jalan hidupNya yang kekal – tidak pada konsekuensi dosa yang mematikan.

Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Kita sebaiknya bertobat dari dosa-dosa kita (Kisah Para Rasul 2:38). Pertobatan berarti tidak hanya berhenti berbuat dosa, tetapi harus berbalik arah dan berjalan di jalan Allah. Ini berarti mematuhi perintah-perintah Allah dan hidup dalam kehidupan saleh (Wahyu 14:12; 2 Petrus 3:11).

Yesus juga menyuruh kita untuk senantiasa berjaga-jaga dan berdoa (Lukas 21:36). Kita harus berjaga-jaga atas kehidupan kita sendiri dan melakukan hal-hal yang dikehendaki Allah untuk kita kerjakan. Dan, meskipun kita tidak tahu persis tentang hari dan saatnya, kita juga harus berjaga-jaga dan memperhatikan kejadian-kejadian dunia ini untuk menolong kita melihat tanda-tanda akhir zaman.

Untuk pelajaran tambahan, kami menganjurkan bacaan artikel yang berhubungan dengan akhir zaman di situs ini.

Untuk informasi selanjutnya untuk menolong anda dalam berjaga-jaga seperti yang dikatakan Kristus, “Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia" (Lukas 21:36), silakan anda berlangganan gratis dari Life, Hope & Truth Weekly Newsletter, yang berisi konten tentang seputar peristiwa dunia menurut nubuat Alkitab. Newsletter ini gratis dan akan dikirimkan langsung ke inbox anda setiap minggu.

 

 

This article was translated from http://lifehopeandtruth.com

Tracker Pixel for Entry