Pedoman Praktis untuk Membesarkan   Anak

oleh Tom Clark

http://lifehopeandtruth.com/relationships/parenting/

Membesarkan anak bisa menjadi salah satu pengalaman anda yang paling indah – tetapi itu bisa juga menjadi pengalaman yang mengecewakan. Bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan keindahannya – dan mengurangi kekecewaan dalam membesarkan anak?

Mulai dari rencana punya anak dan persiapan kelahiran anak bayi hingga pada saat anda menyentuh dan mendekapkan si bayi mungil itu di dalam pelukan anda – sulit bagi kita untuk melukiskannya dalam kata-kata perasaan kita ketika kita memulai suatu keluarga! 

Kemudian anda memulai proses membesarkan si mungil itu yang semata-mata bergantung pada anda akan setiap kebutuhannya dan menolong dia bertumbuh hingga ia mandiri, mendidik dia dalam sopan santun dan menolong dia agar menjadi orang yang produktif di dalam masyarakat. Semuanya ini merupakan tugas yang bisa mengecutkan hati, karena anda akan menghadapi masalah dan benturan sepanjang jalan menuju ke arah ini!  

Di mana pun dan kapanpun anda meniti “karir” mengasuh anak – yakni, dari saat anda pertama kali menjadi orangtua hingga menjadi seorang kakek/nenek yang berpengalaman – pada hakekatnya setiap orang akan menghadapi masalah ini dari hari ke hari sepanjang proses membesarkan anak. Nasihat-nasihat untuk membesarkan anak ini sudah dituliskan di dalam Alkitab dan kita bisa petik menjadi referensi dan pengetahuan yang anda butuhkan untuk membesarkan anak. 

Dunia ini berubah dan berkembang begitu cepat, tetapi kebutuhan dasar anak-anak, sejak mereka bayi hingga beranjak dewasa, tetap sama. Memenuhi kebutuhan fisik, mental, sosial, emosional dan rohani mereka pun tetap sama pentingnya, baik dulu maupun sekarang. 

Penulis Mazmur mengibaratkan anak-anak kita seperti anak panah di dalam tabungnya, dan berkata, “berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu” (Mazmur 127:5). Kami mengundang anda untuk menelusuri pengalaman-pengalaman dan pelajaran-pelajaran di dalam bagian ini sehingga pengalaman membesarkan anak anda dapat menjadi lebih indah – dan mengurangi frustasinya!

Apakah anda punya pertanyaan?

Ajukanlah kepada kami.

 

This article was translated from http://lifehopeandtruth.com" target="_blank">http://lifehopeandtruth.com

Tracker Pixel for Entry