Sukacita dan Tantangan Komunikasi

oleh Tom Clark

http://lifehopeandtruth.com/relationships/communication/

Komunikasi adalah salah satu kebutuhan kita yang amat penting, dan itu dapat membawa sukacita yang paling besar dan tantangan yang paling berat. Bagaimana cara kita untuk memperbaiki keterampilan komunikasi kita?

Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu kebutuhan manusia yang amat mendasar. Segera setelah kita dilahirkan, kadang-kadang hanya dalam waktu beberapa menit, seorang bayi yang baru lahir akan mencari-cari wajah Ibu atau Ayahnya – ia membutuhkan koneksi dengan orang lain. Dia berkomunikasi dengan tangisan, dekutan dan gumaman – tetapi dia sedang berkomunikasi! 

Seiring waktu berjalan, dan anak-anak semakin bertumbuh besar, mereka juga bertumbuh dalam kemampuan mereka berkomunikasi – bukan saja dengan kata-kata, tetapi juga dengan nada, modulasi suara dan bahasa tubuh. Bahkan apa yang tidak mereka ungkapkan menjadi satu gaya atau cara mereka berkomunikasi. Orang-orang yang mendengar perkataan kita menyaring semua informasi yang mereka terima melalui emosi dan pengalaman mereka sendiri, sehingga menjadikan proses berkomunikasi menjadi lebih rumit! 

George Bernard Shaw pernah berkata, “Satu masalah yang paling besar dalam berkomunikasi ialah ilusi yang terbentuk pada saat melakukan komunikasi. Ada banyak yang menghalangi proses komunikasi. Salah paham telah menjadi penyebab dari tak terbilangnya argumen dalam berkomunikasi,  salah duga, sakit hati dan perasaan tersinggung. Kadang-kadang hubungan persahabatan terluka, dan sering menjadi korban dan hancur. 

Rasul Paulus menasihati kita semua dalam hal ini, “Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana harus memberi jawab kepada setiap orang” (Kolose 4:6). Itulah suatu keahlian berkomunikasi yang sulit kita kuasai!

Jika anda ingin memperbaiki keterampilan berkomunikasi dan menghindari masalah yang tak perlu terjadi, kami mengajak anda untuk meneliti bagian  “Komunikasi” ini. Anda dapat belajar bagaimana memperbaiki akhlak, mengangkat, mendorong dan memberi kenyamanan kepada orang lain, berbicara dalam nada yang menyenangkan dan yang pantas bagi semua orang. Teman-teman anda akan senang dengan cara anda berkomunikasi.

Anda punya pertanyaan?
Ajukanlah kepada kami.

 

This article was translated from http://lifehopeandtruth.com

Tracker Pixel for Entry